Berbagi Ilmu Seputaran Ilmu Komputer Di Era Digital, Untuk Menambah Pengetahuan Tentang Komputer

Recent

Thursday 21 September 2017

Internet Explorer autorun dengan Iklan yang Mengganggu di Windows

Internet Explorer
Internet explorer merupakan browser keluaran microsoft yang sudah disediakan saat anda menginstall windows.
Biasanya pada windows XP sudah mencapai series Internet explorer versi 6.0

pernahkah Internet explorer anda sering run sendiri dan di dalamnya terdapat iklan/ads dan frekuensi keluarnya sangat sering sehingga mengganggu aktifitas anda dengan komputer membuat anda kesal??
Jika ini terjadi pada komputer anda, janganlah anda diamkan begitu saja, karena sebenarnya komputer anda telah terinfeksi oleh Spyware.

Apa itu Spyware??
Spyware tidak sama dengan virus komputer, jadi Spyware ini tidak dapat anda hapus dan scan dengan anti-virus.
Spyware merupakan sejenis Trojan yang tersembunyi dalam folder WINDOWS anda, sehingga akan sulit untuk ditemukan secara manual karena banyaknya file yang terdapat dalam folder WINDOWS.

Iklan/ads yang muncul sendiri dari internet explorer merupakan salah satu akibat dari Trojan ini. Walaupun Internet Explorer ini tidak anda jalankan, walaupun anda sudah memblok semua pop-up dari settingan di dalam Internet Explorer, tetap iklan ini akan keluar terus menerus.
Berdasarkan pengalaman saya, beberapa website yang keluar tersebut seperti:
ad.yieldmanager.com
ad.harrenmedianetwork.com
ad.surplus.com
dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya??
pertama, cek lah terlebih dahulu di folder system32 yang berada dalam folder windows anda (misal C:\WINDOWS\system32)
Berdasarkan pengalaman saya, carilah file bernama sshnas21.dll
[sshnas21.dll inilah Spyware yang menyebabkan iklan terus bermunculan dari internet explorer]

kalau anda menemukan file ini dalam folder system32, berarti komputer anda sudah terkena spyware dan segeralah memusnahkannya.
Anda tidak dapat mendeletenya secara langsung, gunakanlah software untuk menghapus malware dan spyware.
[Memang banyak software-sotfware anti-malware yang bersifat free dan dapat di download secara gratis di internet, tapi waspadalah, karena banyak juga software sejenis yang mengaku dapat menghapus malware dan spyware tapi sebenarnya malah memasukan spyware tersebut ke dalam system komputer]


Software yang saya rekomendasi
1. Spyware Terminator
Spyware Terminator ini berfungsi seperti layaknya anti-virus, namun bukan anti-virus. ini adalah anti Spyware, sehingga dapat memblok iklan-iklan yang keluar sendiri itu.

2. Malwarebytes' Anti-Malware
Malwarebytes dapat digunakan untuk menghapus trojan yang bersifat spyware dari system. aplikasi inilah yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus sshnas21.dll.
Sebenarnya aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memproteksi seperti Spyware Terminator, tapi menurut pengalaman saya, Spyware Terminator lebih ringan dalam penggunaan RAM dan juga lebih compatible sebagai anti-spyware.

jadi, proteksi komputer anda dengan Spyware Terminator, dan jika sudah terinfeksi spyware hilangkan dengan Malwarebytes.
Share:

0 komentar:

Post a Comment